Kamis, 30 September 2010

Tambal Ban

Kali ini gue pengen cerita tentang pengalaman gue yang barusan terjadi.
Ternyata kecurangan dalam berbisnis itu ada dimana-mana ya! Termasuk di dalam bisnis tambel ban!
Eits.. jangan kaget, karena pada kenyataannya memang banyak yang berbuat curang agar usaha tambel bannya laku. Ya walaupun NGGAK SEMUA tukang tambel ban berlaku curang.


Contohnya aja pagi tadi.
Ditengah perjalanan menuju kampus, ban belakang motor temen gue yang gue naikin tiba-tiba gembos (kempes) pas diliat, nggak taunya ban motor itu pecah! Setelah tanya sana-sini, akhirnya gue dan temen gue yang malang itu menemukan sebuah kios tambal ban yang letaknya sangat dekat dengan TKP (tempat kejadian perkara)!
Awalnya kita kira ban itu bisa cepat ditambal. Nggak taunya ada 4 titik kebocoran di ban dalem! Waduh, mau nggak mau mesti ganti ban nih!
Dan alangkah kagetnya gue dan temen gue waktu tau berapa harga ban dalem dengan merk IR* tersebut, 40 ribu rupiah!
Gue juga nggak tau apakah ban yang dihargai 40 ribu itu ban asli atau aspal. Tapi kalo diliat dari kemasannya sih gue nggak yakin kalo itu asli.


Yang mengagetkan gue, waktu gue dan temen gue selesai ganti ban, ada 2 orang yang dateng ke tempat itu dengan masalah yang sama. Ban bocor!
Nah lo, nah lo... masa dalam waktu yang hampir bersamaan ada 3 korban ban bocor yang mesti ganti ban sih?
Bukannya gue su'udzon (berburuk sangka) loh ya! Tapi gara-gara hal itu, gue jadi teringat tayangan investigasi di TV beberapa waktu lalu yang menguak fakta, bahwa ada kecurangan di balik bisnis tambal ban ini.
Salah satu cara yang paling lazim digunakan, biasanya mereka menebar paku di jalan. Wah mesti hati-hati nih kalo ban kendaraan kita menginjak bungkusan atau semacamnya. Karena bisa aja bungkusan itu berisi benda tajam yang akan mengancam keselamatan ban kendaraan kita.
Tapi, alangkah lebih baiknya lagi kalau kita mengecek kondisi ban kendaraan sebelum bepergian. Jadi, kalau dari awal ban motor atau mobil kita udah kempes trus pas ditengah jalan anginnya abis, yaa jangan salahin tukang tambal ban! Hehe...

Anyway, gue nggak mau mempengaruhi orang untuk nge-judge kalau tukang tambal ban itu sering berbuat curang. Karena gue yakin, masih banyak kok tukang tambal ban yang baik hati dan melakukan pekerjaannya dengan jujur.
Gue nulis ini cuma untuk sharing aja. Siapa tau bisa menambah pengetahuan lo dan membuat lo lebih waspada akan pentingnya keselamatan ban kendaraan!
Oke?!


sumber gambar : google

0 komentar (+add yours?)

Poskan Komentar