Rabu, 18 Agustus 2010

Hemat Beli Baju Lebaran

Nggak terasa ya udah mau Lebaran lagi. Pastinya kita juga udah mulai puyeng mikirin hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang Hari Raya nanti. Salah satunya beli baju lebaran.

Memang sih, Lebaran nggak harus pakai baju baru. Mau pakai baju yang udah lama tersimpan di lemari juga nggak apa-apa. Asal masih bersih dan layak pakai.

Tapi mungkin sebagian besar dari kita sudah menganggap bahwa beli baju baru untuk Lebaran adalah suatu keharusan. Nggak peduli berapa jumlah uang THR yang didapat, pokoknya mesti beli baju baru!



Nah... ini dia yang ribet dan bikin pusing. Beli baju baru dengan duit yang pas-pasan. Memangnya bisa?
Ya jelas bisa dong!


Berikut ini tips dan trik dari Nuri untuk berhemat beli baju lebaran :

1.Buat daftar belanja lengkap dengan perkiraan harganya. Dan jangan lupa, sesuaikan dulu dengan budget yang kita punya. Abis itu, kita juga mesti merencanakan, kemana kita akan membeli pakaian? Nggak harus ke mall mewah, kok! Ada beberapa tempat yang menjual berbagai macam pakaian dengan harga miring dan bahkan harganya masih bisa ditawar. Contoh : ITC Cempaka Mas, ITC dan WTC Mangga Dua, PGC, STC, dll.

2. Sebelum membeli pakaian baru, pikirin dulu, apakah kita benar-benar memerlukannya atau hanya tergiur warna atau modelnya yang cantik? Karena biasanya kita hanya menginginkan pakaian tersebut, padahal kita nggak membutuhkannya, alias lapar mata.

3. Kalau masih ada kesempatan “sale” maka bersabarlah sampai ada “sale” alias obralan, biasanya tawaran ini ada di Mall dan atau supermarket menjelang Lebaran. Jangan lewatkan kesempatan ini!

4. Pertimbangkan baik-baik, apakah tren model baju yang akan dibeli hanya akan bertahan sebentar atau lama?
Ini nih, khusus buat kita yang terpengaruh dengan model pakaian yang lagi tren. Jangan asal beli baju yang dianggap lagi model. Karena belum tentu kan baju dengan model itu cocok untuk kita pakai?

5. Sedapat mungkin, beli pakaian yang bisa di mix & match dengan mudah. Jadi, kita bisa gonta-ganti model pakaian tanpa harus membeli baju / rok / celana lagi. Nggak cepet bosen kan?

6. Agar lebih irit, belilah pakaian yang mudah perawatannya (dalam arti tak perlu dibawa ke laundry saat hendak dicuci). Soalnya, pakaian yang kayak gini nih yang nantinya bakal ngerepotin. Abis dipake, trus dibawa ke laundry. Kan mesti ngeluarin biaya lagi?

7. Cari pakaian yang bahannya awet, alias nggak cepet melar, warnanya nggak cepet pudar, dan nggak gampang luntur kalau dicuci.
Ini supaya pakaian yang kita beli bisa awet dipakai. Jadi nggak hanya bertahan sebentar.

8. Kalo kita belanja di pasar atau kios yang harganya belum fixed (alias masih bisa ditawar), nah... kita kudu, wajib, mesti, harus pinter nawar!
Kalo perlu, tawar dengan harga terendah. Bila si penjual nggak ngasih harga rendah, kita naikin harga pelan-pelan, tapi jangan langsung kasih harga tinggi.
Sebisa mungkin kita juga mesti ngelobi si penjual (alias SKSD). Kalo kita udah kenal, biasanya penjual bakal ngasih kita harga yang relatif murah dengan harapan kita bakal jadi pelanggan setianya.

9. Kalo tips dan trik diatas masih nggak mempan juga (mungkin kondisi dompet sangat cekak), coba perhitungkan lagi, lebih murah beli baju siap pakai atau menjahit sendiri atau menjahitkan ke orang lain?
Kalau kita jahit sendiri atau ke orang lain, kita bisa mencoba untuk mencari di majalah, koran, atau di internet model pakaian yang diinginkan. Setelah itu kita cari bahannya yang bagus dan murah, seperti di Tanah Abang, Pasar Baru, Mayestik, dll. Kalo bahannya udah ketemu, baru deh kita jahit sendiri atau cari tempat jahit baju yang murah dan bagus.

10. Kalo tips nomer 9 masih nggak mempan juga? Terima nasib aja lah, jangan memaksakan diri. Coba buka dan bongkar lemari baju kita. Mungkin masih ada baju bagus yang udah lama nggak dipakai atau ada beberapa baju / rok / celana yang bisa di mix & match.


Gimana???
Tips & Trik nya sih memang kebanyakan berdasarkan pengalaman pribadi. Tapi semoga bisa membantu yaa!
Buat yang nggak bisa beli baju baru juga jangan sedih. Lebaran itu nggak harus memakai baju baru kok!
Masih inget lagunya Dhea Ananda waktu masih kecil dulu, kan?
(yang nggak inget, nih dinyanyiin...)


Baju baru.. Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya.
Tak punya pun tak apa-apa,
masih ada baju yang lama..

Hari Raya Idul Fitri bukan untuk berpesta-pesta
Yang penting maafnya, lahir batinnya...
Untuk apa berpesta-pesta kalau kalah puasanya
Malu kita kepada Allah Yang Esa

Baju baru.. Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya.
Tak punya pun tak apa-apa,
Ku tak marah kepada papa

1 komentar (+add yours?)

tiket mengatakan...

low Que sech biasanya biar hemat bawa uangnya seperlunya aja..
jdi low uangnya abis yaa udah..
:)

Poskan Komentar