Kamis, 26 Agustus 2010

Rawat Gigi Kita Yuk!

Mungkin ada yang menganggap kalau merawat gigi itu adalah hal sepele. Tapi kenyataannya, gigi kita juga butuh perhatian lebih loh! Coba deh kalo gigi kita nggak dirawat dengan baik dan nantinya gigi kita malah bolong, berkarang, dan akhirnya rusak. Waduh kita mau ngunyah makanan pake apa?
Sakit gigi aja udah bikin kita menderita, apalagi kalo gigi kita sampe rusak? Wah, jangan sampe deh!

Ini dia, tips supaya kita terhindar dari masalah gigi :

1. Idealnya tiap 6 bulan sekali kontrol ke dokter gigi, meski tak ada masalah dengan gigi. Namun, pada dasarnya karang gigi harus selalu dibersihkan.

2. Sikat gigi sehari dua kali, pagi dan malam.

3. Penggunaan dental flosh atau benang gigi sangat dianjurkan, terutama untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

4. Untuk yang pakai kawat gigi, harus lebih rajin menggunakan obat kumur dan membersihkan gigi. Sebab sisa makanan akan lebih banyak menempel dan tersangkut pada kawat gigi.

5. Gosok gigi yang paling penting di malam hari. Sikatlah gigi dengan cara yang tepat dan waktu yang sedikit lebih lama. Setelah seharian makan, di malam hari gigi harus dalam keadaan bersih.

6. Sikat gigi dengan keras belum tentu akan membersihkan gigi, tapi justru akan membuat gusi atau mulut terluka.

7. Cara sikat gigi yang paling utama adalah dengan cara memutar dan perlahan. Dokter gigi sangat menganjurkan untuk menggunakan elektric toothbrush. Sebab cara putaran sikat gigi elektrik ini sudah disesuaikan. Dari segi waktu dan tenaga juga lebih efektif.

8. Kalau bulu sikat sudah mekar, segeralah ganti dengan sikat yang baru.

9. Pilihlah jenis bulu sikat gigi yang soft dan tidak keras, karena itu akan membuat iritasi pada gusi.


sumber : http://lawalangy.wordpress.com/2007/06/28/kawat-gigi-antara-trend-dan-keperluan/

0 komentar (+add yours?)

Poskan Komentar